Apa itu VMware???

VMware adalah salah satu software mesin-virtualisasi atau Virtual-Machine. Pada intinya, VMware dapat menjalankan software sistem operasi atau OS di dalam sebuah sistem operasi. atau boleh dikatakan kita bisa bisa memiliki beberapa komputer dengan OS (operating System) yang berbeda-beda di dalam satu komputer.  Misalnya kita menggunakan sistem operasi Windows , kita dapat menggunakan mengistall Linux Ubuntu dilam OS windows dengan bantuan VMWARE atau menjalankan sistem operasi lain dari dalam jendela program VMware, tanpa harus melakukan restart pada komputer kita. Jumlah sistem operasi yang dapat di “virtualkan” tidak ada batasannya, asalkan saja komputer kita mampu untuk menjalankannya. dalam hal ini hardware komputer yang kita miliki memiliki kemampuan yang cukup, memory yang besar hardisk yang besar dan prosecor dengan core lebih dari satu.
VMWARE bukan  satu satunya software mesin-virtualisasi atau Virtual-Machine, ada software sejenis yang memiliki kemampuan sama dengan VMWARE daanpa harun gratis tanp harus membayar seperti Virtualbox  yang di kembangkan oleh  java oracle,  XEND, Qemu dan mungkin juga ada yang lain, yang penulis tidak tau.

Di antara software virtualisasi yang lain, VMware mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah: mempunyai versi hampir di semua platform (baik di Machintos, Linux, Windows); mendukung hampir semua sistem operasi yang ada saat ini; relatif berjalan lebih ringan dan stabil sehingga memberikan kinerja yang cukup baik, mampu membaca dan menerapkan pengaturan dan profil dari komputer host (komputer yang menjalankan virtual-machine), sehingga kompartibilitas hardware lebih terjamin, seperti akses terhadap flash-disk atau CD/DVD ROM; dapat melakukan pertukaran data dengan komputer host dan juga dengan jaringan lainnya; dapat memanfaatkan sumber daya yang ada pada jaringan (dan juga komputer host tentunya), seperti ketika ingin mencetak melalui jaringan; dan sebagainya. dan juga  vmware ini memiliki beberapa variant yang di sesuaikan dengan kebutuhan     menurut saya ada 2 category vmware satu untuk personal dan server. untuk komputer pribadi atau personal ini juga memilik macam lebih dari satu. vmware worstation untuk windows dan linux, vmware fusion untuk komputer Mac. dan untuk server juga lebih dari satu macam ada vmware server, Esxi, vmware view dll bisa kunjungi vmware.com
beberapa bepruduck dari vmware
VMware vSphere 5, VMware vSphere 4, VMware SDK & API,   VMware vCloud Director,vFabric Cloud Application Platform, vFabric Data Director, vCenter Lab Manager, vCenter Lifecycle Manager,   vCenter Stage Manager, vCenter Site Recovery Manager, vCenter Configuration Manager, vCenter Application Discovery Manager,   vCenter AppSpeed, vFabric AppInsight, vCenter Chargeback, vCenter Server Heartbeat, vCenter Operations, vCenter CapacityIQ, vCenter Converter Standalone, VMware Data Recovery, VMware vShield Products, VMware Server, VMware View, VMware VDI, VMware ThinApp,    VMware ACE, VMware Workstation, VMware Player, VMware Fusion (for the Mac), VMware Horizon Application Manager.

Cara menginstal VMware
Cara Menggunakan VMware
Cara Menggunakan VMware untuk Instalasi Mikrotik

0 komentar:

Post a Comment